marquee

Selamat datangdi blog "Yang Penting Hepi", semoga anda senang ^_^

Selasa, 10 Januari 2012

Karya Anak Bangsa

Buggi, Mobil Offroad Karya Siswa SMK Bandung



TANAH Air tak hanya memiliki siswa SMK Solo, Jawa Tengah, yang merakit mobil bernama Kiat Esemka. Sejumlah siswa SMK di Bandung pun membuktikan diri di bidang otomotif. Mereka merakit mobil jenis boogie yang biasa dipakai untuk kegiatan offroad.

Buggi, itulah nama mobil buatan anak-anak SMK 8 Kota Bandung tersebut. Mobil yang mereka buat jauh berbeda dengan Kiat Esemka. Bentuknya menyerupai mobil offroad khusus untuk jalanan tanah.

Pembuatan Buggi bermula di tahun 2009. Sejumlah siswa kelas II dan III jurusan otomotif membuat mobil dengan bantuan para guru. Mereka lalu memamerkan mobil di berbagai pameran ataupun jalanan. Mereka juga menawarkan Buggi ke sejumlah objek wisata petualangan. Usaha mereka berhasil karena mendapat pesanan dari luar Pulau Jawa.

Pembuatan Buggi sempat terbentur regulasi mobil-mobil lain. Mereka pun berusaha keras memodifikasi mobil, mulai dari kerangka hingga mesin. Satu di antaranya menggunakan mesin Vios dengan kapasitas 1.600 cc yang dilengkapi dengan percepatan matik dan manual. Pembuatan mobil membutuhkan waktu tiga bulan.

Selama dua tahun, siswa SMK 8 Bandung mampu menciptakan empat unit Buggi. Para penggila offroad menilai Buggi layak mengarungi medan berat. Setiap unit dibanderol dengan harga Rp50 juta hingga Rp78 juta. Harga itu jauh lebih murah daripada mobil sejenis yang nilainya menca[ai Rp800 juta.

Kepala SMK 8 Bandung, Dedi Indrayana, berharap anak didiknya mampu menciptakan jenis mobil lainnya.(Roni Halim/RRN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar